Dampak Pembelajaran Dengan CD Interaktif

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pemanfaatan media 
cd interaktif pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus 03 Kecamatan Kalasan Sleman pada tahun ajaran 2011/2012. 


Subjek dalam penelitian ini adalah siswa 
kelas V SD Negeri Kowangbinangun sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 
Bogem 1 sebagai kelas kontrol yang terletak di Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman masing-masing kelas berjumlah 17 siswa.

Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengumpulkan data hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan korelasi biserial, dari 30 soal diperoleh 27 soal valid dan 3 soal gugur.

Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus K-R20 dengan hasil r11 sebesar 0,93. Uji normalitas dihitung menggunakan SPSS 16.0 dengan hasil kelas eksperimen sebesar 1,41 dan kelas kontrol sebesar 0,200. Uji homogenitas dihitung dengan menggunakan rumus F dengah hasil sebesar 1,20. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitia ini menggunakan teknik uji beda (t-test). 

Hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 
pengaruh yang signifikan dalam pemanfaatan media cd interaktif pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus 03 Kecamatan Kalasan Sleman tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung > ttabel sebesar 
0,79>0,05. 
Dengan demikian sudah jelas bahwa manfaat cd interaktif pembelajaran ini sungguh terlihat.